IIQ An Nur Proaktif dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Islam: Langkah-Langkah Strategis Menuju Rebranding yang Efektif

WhatsApp Image 2023 11 18 at 12.56.32 - IIQ An Nur Proaktif dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Islam: Langkah-Langkah Strategis Menuju Rebranding yang Efektif

IIQ An Nur aktif berpartisipasi dalam acara Forum Group Discussion (FGD) Rebranding dan Peningkatan Daya Saing PTKI. Acara ini diadakan pada hari Jumat dan Sabtu, 17-18 November 2023, di Hotel Mercure Convention Center Ancol Jakarta. Acara ini mengumpulkan para Rektor UIN se-Indonesia dan rektor/direktur PTKI Swasta. IIQ An Nur sendiri diwakili oleh Warek III bidang kemahasiswaan, alumni, dan kerjasama, Dr. Khoirun Niat, MA.

Acara dibuka dengan pengarahan langsung dari Direktur PTKI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi yang dipandu oleh Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. M. Aziz Hakim, M.H. Forum kemudian dibagi menjadi dua untuk mendiskusikan secara intensif usaha meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi Islam, baik negeri maupun swasta. FGD secara aktif dipandu oleh tim dari Alvara Institute yang secara detail mengurai langkah-langkah untuk strategi rebranding Perguruan Tinggi.

Acara ini dilatarbelakangi oleh kerisauan bahwa Perguruan Tinggi Islam memiliki daya saing yang rendah di hadapan Perguruan Tinggi Umum. Kenyataan bahwa PTKI tidak menjadi favorit bagi para lulusan SLTA adalah sesuatu yang perlu dikoreksi.

Sebenarnya PTKI memiliki beberapa prodi yang unggul yang tidak kalah dengan prodi sejenis di PT umum, tapi tetap yang difavoritkan adalah PT umum. Ini menunjukkan bahwa citra PTKI di mata masyarakat masih belum baik. Masyarakat masih memiliki persepsi bahwa PT umum lebih baik daripada PTKI padahal memiliki prodi yang sama. Oleh sebab itu perlu diadakan rebranding PTKI untuk mengubah citra dan persepsi di masyarakat.

Banyak manfaat dari acara ini terutama bagi para pengelola Perguruan Tinggi. Untuk memperbaiki branding Perguruan Tinggi, setidaknya perlu dilakukan hal-hal berikut:

  1. Tentukan keunggulan dan ciri khas Perguruan Tinggi
  2. Tentukan segmen pasar, apakah kalangan bawah, menengah, atas atau perpaduan darinya
  3. Tentukan posisi PT daripada yang lain
  4. Perbaiki citra dan persepsi di masyarakat dengan melakukan branding.
  5. Perbaiki komitmen dan integritas para pengelola
  6. Buat lembaga khusus untuk mengurus marketing/branding