
Sistem “satu pintu” merupakan moda utama sistem digital, agar data-data yang terdapat di beberapa sistem terintegrasikan ke dalam satu sistem tunggal. Hal inilah yang diupayakan oleh Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta dalam rapat “Pelengkapan Data Kepegawaian di SIAKAD dan SISTER” yang dilaksanakan pada Selasa (09/01) di Auditorium IIQ An Nur.
Dalam sambutannya, Rektor IIQ An Nur Yogyakarta, Ahmad Sihabul Millah, menerangkan bahwa rapat ini merupakan rapat terakhir terkait pengintegrasian SIAKAD dan SISTER di lingkungan IIQ An Nur. Rapat kali ini dikhususkan untuk para pegawai Fakultas Ushuluddin setelah sebelumnya fakultas-fakultas lain telah melaksanakan rapat yang sama.
“Fakultas Ushuluddin ini merupakan kloter terakhir untuk pengintegrasian SIAKAD dan SISTER. Adapun untuk Fakultas Tarbiyah dan FEBI telah dilakukan rapat yang sama pada waktu yang lampau,” ujar Sihab.
“Jadi, kami berharap kepada bapak dan ibu untuk semaksimal mungkin mengisi data-data yang disediakan dalam sistem berwajah baru ini. Apabila data-data sudah terisi semua, salah satu guna dari sistem baru ini adalah kita dapat melihat, misalnya melalui SINTA, apakah ada kenaikan ataukah tidak dari perguruan tinggi kita,” tambah Sihab.
Perlu diketahui bahwa SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) merupakan program dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diluncurkan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Aplikasi ini digunakan sebagai sumber sistem tunggal yang berisi portofolio para tenaga pendidik di seluruh Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan setiap layanan saling terhubung sehingga akses portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dapat dilihat dalam satu aplikasi tunggal.
Adapun SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) adalah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk menangani proses pengelolaan data akademik dan data terkait lainnya sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi, pengambilan keputusan, serta pelaporan di lingkungan perguruan tinggi. SIAKAD menyediakan beberapa aplikasi yang disediakan untuk hampir semua entitas yang terlibat dalam kegiatan akademik di perguruan tinggi, mulai dari unsur akademik, keuangan, pimpinan, dan juga orang tua/wali mahasiswa. (MAF).