Yogyakarta—Mengawali bulan September 2024, jajaran pimpinan berikut seluruh pengelola Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta mengadakan “Rapat Program Kerja Tahun 2024/2025” selama dua hari (4–5/09) di Waroeng Omah Sawah (WOS) Miri, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan utama penyelenggaraan raker ini, sebagaimana disinggung oleh Rektor IIQ An Nur Yogyakarta, Dr. Ahmad Sihabul Millah, M.A., dalam sambutannya, ialah pelaporan capaian dan evaluasi dari pelaksanaan program kerja tahun ajaran 2023/2024 serta perangcangan program kerja baru untuk tahun ajaran 2024/2025.
“Pelaporan program kerja ini hendaknya mempertimbangkan rancangan program yang sudah disampaikan pada awal semester, agar kita dapat melihat seberapa persen ketercapaiannya. Ketercapaian yang sudah dilaporkan hendaknya dievaluasi sedemikian rupa untuk menyusun rancangan program kerja di semester berikutnya. Lebih-lebih, perancangan program kerja diarahkan dengan mempertimbangkan kebutuhan akreditasi,” tukas Shihab.
Pada hari pertama, yaitu pelaporan capaian pelaksanaan program kerja tahun ajaran 2023/2024, diawali oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) oleh Dekan Arif Kurniawan, M.E.I, Fakultas Tarbiyah oleh Dekan Dr. Lina, M.Pd., dan Fakultas Ushuluddin oleh Dekan Ikhsanudin, M.S.I. Pelaporan selanjutnya oleh Tim Admisi, Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Lembaga Bahasa dan Lembaga Tahfidz dan Tahsinul Qira’ah (LTTQ), dan Kasubag Akademik. Pemaparan laporan kinerja diakhiri dengan pelaporan dari Tata Usaha (TU), Bendahara Pusat, Kasubag Kemahasiswaan, Staf Perpustakaan, Lembaga Bahasa, Hubungan Masyarakat (Humas), dan Staf Multimedia. Peserta raker kemudian memberikan kritik dan saran serta evaluasi terhadap ketercapaian masing-masing bidang sebagai bahan pertimbangan untuk perancangan program kerja pada raker hari kedua.
Pada hari kedua, yaitu perangcangan program kerja baru untuk tahun ajaran 2024/2025, diawali dengan rapat komisi. Pemimpin rapat, Sekretaris Rektor Maghfur MR., M.Ag., membagi peserta rapat menjadi empat komisi. Rapat masing-masing komisi dipimpin langsung oleh Rektor Dr. Ahmad Sihabul Millah, M.A., Wakil Rektor I Dr. H. Munjahid, M.Ag., Wakil Rektor II Drs. H. Atmaturrida, M.Pd., dan Wakil Rektor III Dr. H. Khoirun Niat, M.A. Komisi I, dipimpin oleh Wakil Rektor I, terdiri dari LPM, LPPM, LTTQ, Kasubag Akademik, dan semua ketua program studi (kaprodi). Komisi II, dipimpin oleh Wakil Rektor II, terdiri dari Sekretaris Fakultas, TU, Bendahara, Sekretaris Admisi, Bendahara LPPM, Sekretaris LPM, Sekretaris LTTQ, Staf TU, Sekretaris Lembaga Bahasa, dan Staf Perpustakaan. Komisi III, dipimpin oleh Wakil Rektor III, terdiri dari Sekretaris LPPM, Kasubag Kemahasiswaan, Staf Perpustakaan, Staf TU, Kepala Lembaga Bahasa, Humas, dan Staf Multimedia. Sedangkan Komisi IV, dipimpin oleh Rektor, terdiri dari Admisi, Dekan Fakultas dan stafnya.
Hasil rancangan program kerja untuk tahun ajaran 2024/2025 tiap-tiap komisi kemudian diplenokan. Kritik dan saran dari peserta rapat ditulis oleh notulen tiap-tiap komisi untuk selanjutnya dilaporkan kepada pemimpin rapat. Pemimpin rapat kemudian menyelaraskan dan menyampaikan hasil akhir rancangan program kerja tahun ajaran 2024/2025 tiap-tiap bidang yang sudah disepakati oleh peserta rapat. Rapat Program Kerja Tahun 2024/2025 ditutup pada pukul 15:30 dengan doa, saling bersalaman, dan foto bersama. (MAF).